Observasi Koperasi Trikarya Anugrah



OBSERVASI KOPERASI TRIKARYA ANUGRAH


Koperasi ini didirikan pada 1 Oktober 2010. Terletak di Jalan Raya Citayam. Jenis Koperasinya adalah simpan – pinjam/serba usaha , dimana koperasi ini lebih sering memberikan pinjaman kepada anggota yang membutuhkan dana dibandingkan anggota yang menyimpannya. Karena saat ini perekonomian Indonesia sedang terpuruk sehingga masyarakat di jaman sekarang sulit untuk mendapatkan uang (apalagi pekerjaan) jadi mereka lebih banyak meminjam daripada menyimpan. Selain itu, jenis koperasi ini dianggap penting dan stratrgis bagi masyarakat dalam kegiatan ekonomi unutk pemenuhan kebutuhan hidupnya.
Pada saat mendirikan Koperasi ini, tidak mengalami kendala/hambatan (semua berjalan dengan baik) karena surat ijin untuk mendirikan Koperasi di daerah Depok mudah hanya dengan waktu kurang dari satu tahun sudah bisa mendapatkan ijin dari Pemda Depok. Namun, pada saat berjalannya usaha koperasi ini terdapat kendala yaitu anggotanya pasif artinya pada saat di awal saja mereka melakukan pembayaran dengan lancar dan cepat namun, setelah beberapa tahun kemudian mereka sulit untuk membayarnya sehingga mereka mendapatkan denda dari hasil pinjamannya.

Visi dan misi Koperasi

Visi
Mewujudkan koperasi sebagai lembaga usaha yang mandiri, tangguh, sehat dan terpercaya yang didasarkan pada azas kekeluargaan dan kegotong-royongan dalam rangka mewujudkan rasa tanggung jawab dan kreatifitas untuk mencapai tujuan koperasi.
Misi
Memberikan pelayanan yang prima kepada  segenap anggota, calon anggota dan masyarakat.
 Menjadikan Koperasi  trikarya anugrah bermanfaat bagi kepentingan anggota,calon anggota,serta masyarakat pada umumnya dan mewujudkan kesejahteraan anggota.Menjalankan kegiatan Koperasi Trikarya Anugrah dengan efektif dan efesien.


Tujuan didirikannya Koperasi ini adalah

·         Untuk mempermudah dan mengembangkan kredit usaha

·         Untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya

·         Untuk menciptakan kedisiplinan anggotanya dalam menjalankan tata aturan dalam koperasi


Hasil observasi koperasi Trikarya Anugrah.








Nama          : Rahayu Supriati Ningrum
Kelas          : 2EB05
Universitas : Gunadarma
Tahun         : 2015
Angkatan    : 2014

Komentar

Postingan populer dari blog ini

sari ayu martha tilaar group

Kewirausahaan

TUGAS SOFTSKILL ASPEK HUKUM DALAM EKONOMI "ARTIKEL"