sari ayu martha tilaar group
Martha Tilaar Group merupakan sebuah perusahaan kosmetika terkemuka yang memproduksi dan menyediakan produk dan pelayanan kecantikan yang inovatif dan berkualitas tinggi. Dengan produk-produk sub-brand berskala luas yang berada di bawah payung Martha Tilaar, perusahaan ini menawarkan rangkaian produk kecantikan yang dapat menjadi pilihan terbaik setiap wanita dari segala kelompok usia dan penghasilan.
Selain menciptakan produk-produk perawatan kecantikan yang memanfaatkan bahan-bahan herbal tradisional Indonesia dan ekstrak tanaman alami lainnya, Martha Tilaar Group juga memproduksi produk-produk perawatan wajah, perawatan tubuh, make up dekoratif, dan produk-produk perawatan rambut untuk wanita modern.
Berawal dari sebuah langkah sederhana di awal tahun 1970, perusahaan ini telah tumbuh dan terus berkembang menjadi sebuah perusahaan kelas dunia yang terintegrasi dengan baik, dengan omset tahunan sekitar Rp600 miliyar (US$75 miliyar) dan telah mengekspor produk-produknya ke banyak negara di dunia. Beberapa brand Martha Tilaar Group pun berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi dan secara konsisten berhasil meraih peringkat tertinggi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap eksistensi brand. Hal ini sekaligus menunjukkan kesungguhan Martha Tilaar Group dalam menciptakan produk-produk kecantikan berkualitas, khususnya bagi para wanita Timur.
Martha Tilaar Group menjadi pemimpin kosmetika warna (dekoratif dan make up dasar) dengan 10-18% kepemilikan saham, dan menguasai sekitar 11% pasar produk perawatan wajah. Cakupan produk-produk Martha Tilaar Group terdiri atas produk-produk kosmetik dan perawatan diri (produk dekoratif, make up dasar, perawatan wajah, perawatan tubuh, dan perawatan rambut), jamu, dan spa.
Produk utama Martha Tilaar Group antara lain: Sariayu, yang merupakan produk kecantikan yang telah ada di pasar Indonesia sejak lama dan telah memiliki konter terbanyak (produk dekoratif, make up dasar, perawatan wajah, perawatan tubuh, perawatan rambut, dan jamu), Biokos (produk perawatan wajah anti aging), Caring Colours (produk dekoratif, make up dasar), Belia (splash cologne untuk remaja), Berto Tea, Dewi Sri Spa (produk spa holistik), Professional Artist Makeup (PAC) (produk dekoratif dan make up dasar), Jamu Garden (produk jamu, perawatan wajah, perawatan tubuh, dan kesehatan), Mirabella (produk dekoratif), dan Rudy Hadisuwarno Cosmetics (produk perawatan rambut) yang berada di bawah lisensi Organisasi Rudy Hadisuwarno.
Selain itu, Eastern Garden Spa, Martha Tilaar Salon and Day Spa, dan Dewi Sri Spa adalah beberapa produk pelayanan Martha Tilaar Group yang merupakan rantai waralaba perawatan kecantikan dan spa dengan konsep tradisional Indonesia yaitu Rupasampat Wahyabiantara, yang mendapat pengaruh dari ritual kecantikan dan kesehatan kuno bangsa China dan India.
Melalui pendekatan ini, Martha Tilaar Group berupaya mengarahkan tren dunia kecantikan menuju kecantikan berbasis alam (back to nature) dan kebudayaan Timur. Martha Tilaar Group juga memiliki pusat pelatihan kecantikan profesional, yaitu Puspita Martha Beauty School, Bali Sari Spa Training Center, dan Cipta Busana Martha yang memasarkan pakaian tradisional Indonesia.
SEJARAH :
Martha
Tilaar Group dipelopori oleh DR. (H.C.) Martha Tilaar pada tahun 1970 dengan
membuka sebuah salon kecantikan Martha di kediaman orangtuanya, Yakob Handana,
di Jalan Kusuma Atmaja No.47 Menteng, Jakarta Pusat.
Berikut
perkembangan Martha Tilaar Group dari masa ke masa:
- Tahun 1970. DR. Martha Tilaar memulai usahanya di garasi kediaman orangtuanya, Yakob Handana, di Menteng, Jakarta Pusat.
- Tahun 1972. Pembukaan salon kecantikan kedua DR. Martha Tilaar, yaitu Martha Griya Salon di Menteng. Di salon inilah, untuk pertama kalinya perawatan kecantikan tradisional berbasis tanaman herbal dan bisnis kecantikan dimulai.
- Tahun 1977. PT Martina Berto didirikan oleh DR. Martha Tilaar bersama mitra usaha yaitu Bernard Pranata (almarhum) dan Theresia Harsini Setiady.
- Tahun 1977. Bekerjasama dengan Theresia Harsini Setiady yang merupakan pendiri Kalbe Group, PT Martina Berto meluncurkan brand Sariayu sebagai produk kecantikan dan jamu modern.
- Tahun 1981. PT Martina Berto mendirikan pabriknya sendiri di kawasan industri Pulogadung.
- Tahun 1983. PT Martina Berto kembali mendirikan pabrik keduanya di Pulogadung.
- Tahun 1983. Di tahun yang sama, PT SAI Indonesia yang sebelumnya adalah PT Sari Ayu Indonesia didirikan untuk mendukung PT Martina Berto dalam mendistribusikan produk-produk kosmetiknya.
- Tahun 1988-1990. PT Martina Berto melahirkan merek-merek kosmetika baru seperti Cempaka, Jamu Martina, Pesona, Biokos Martha Tilaar, Caring Colours Martha Tilaar, dan Belia Martha Tilaar.
- Tahun 1993-1995. Terjadi proses akuisisi oleh sejumlah perusahaan ke dalam PT Martina Berto.
- Tahun 1996. PT Martina Berto menjadi pabrik kosmetika pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat mutu ISO 9001.
- Tahun 1999. PT Martina Berto membeli saham Kalbe Group, dan sejak saat itu Kalbe Group sepenuhnya berada di bawah manajemen Martha Tilaar Group.
- Tahun 2000. PT Martina Berto mendapatkan sertifikat ISO 14001.
- Tahun 2001-2009. PT Martina Berto menambahkan merek-merek baru di segmen pasar berbeda, yaitu Professional Artist Cosmetics (PAC), Dewi Sri Spa, Jamu Garden dan sebagainya.
- Tahun 2010. Martha Tilaar Group memasuki usia 40 tahun.
- Tahun 2011. PT Martina Berto menjadi PT Martina Berto Tbk.
- Tahun 2011. Martha Tilaar Group terpilih menjadi salah satu dari 55 perusahaan dunia yang menjadi anggota Global Conpact Lead PBB di Davos, Switzerland.
- Tahun 2012. PT Martina Berto Tbk menerima penghargaan sebagai Pioneer in Technology dari Kementrian Industri, yang diserahkan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.
- Tahun 2012. PT Martina Berto Tbk mendapat penghargaan dalam Asia Responsible Entrepreneurship Awards 2012 untuk kategori Green Leadership.
Kini,
Martha Tilaar Group terdiri atas PT Martina Berto Tbk, PT Cedefindo
(strategi pemasaran dan produksi), PT SAI Indonesia (distributor
produk-produk Martha Tilaar Group), PT Martha Beauty Gallery (pelayanan
konsultasi dan pendidikan kecantikan, seperti Puspita Martha School of
Beauty), Martha Tilaar Spa, Cipta Busana, Art and Beauty
Martha Tilaar, PT Cantika Puspa Pesona (manajemen waralaba domestik
dan internasional untuk Martha Tilaar Salon Day Spa, Easter Garden Spa Martha
Tilaar), PT Creative Style (perusahaan agensi periklanan), PT Kreasi
Boga (agensi tenaga kerja), dan PT Mahligai Citra Bangsa (jasa wedding
organizer dan produksi majalah).
MEMPRODUKSI APA SAJA
?
Sesuai dengan filosofi yang dianut Martha
Tilaar Group, maka produksi difokuskan pada perawatan
kecantikan, berupa jamu, kosmetika, dan minuman
kesehatan dari bahan alami. Jumlah produk
yang dihasilkan oleh Martha Tilaar Group mencapai 700 item yang
dikategorikan
berdasarkan jenis produk dan
perusahaan pembuatnya. Beberapa contoh produk tersebut
ditampilkan dalam tabel
Tabel 3.1: Produk-produk
yang dijual PT Sari Ayu Indonesia Jakarta.
Merek
|
Jenis Produk
|
Sari Ayu
|
Kosmetika tradisional dan jamu
|
Biokos/Caring
|
Perawatan kulit dewasa
|
Belia
|
Kosmetika remaja
|
PAC (Professional Artist
Cosmetics)
|
Kosmetika artis
profesional
|
Berto/Slimming Tea
|
Minuman
|
Oil of Java
|
Minyak Aromatik
|
Martina
|
Jamu Indonesia
|
Dewi Sri Spa
|
Produk perawatan tubuh
|
Jamu Garden
|
Produk perawatan kesehatan dan
tubuh
|
Sumber:
Company Profile PT Sari Ayu Indonesia.
Struktur Perusahaan dan Struktur Organisasi
Struktur perusahaan dari Martha
Tilaar Group meliputi
empat kelompok besar yakni
Unit Usaha Pemasaran, Unit Usaha Distribusi dan Perdagangan, dan Unit
Usaha Layanan. Masing-masing
unit menaungi beberapa perusahaan
seperti yang terlihat pada gambar 3.1.
Sedangkan PT Sari Ayu Indonesia
secara struktural dipimpin secara keseluruhan oleh seorang Direktur,dan oleh kepala manajer cabang di setiap
cabang.PT Sari Ayu Indonesia memiliki 5 divisi
utama yaitu :
• Divisi Keuangan
dan Akuntansi
• Divisi Pemrosesan Data Elektronik
• Divisi Logistik
dan Distribusi
• Divisi Penjualan
Divisi Sumber Daya Manusia dan Masalah Umum
Tugas dan Tanggung
Jawab Posisi Jabatan PT
Sari Ayu Indonesia
Adapun tugas dan
tanggung
jawab
dari
masing-masing
posisi
jabatan
manajerial PT Sari Ayu Indonesia dapat diuraikan sebagai
berikut:
Director
ü Mengawasi kinerja dan
menerima
laporan
pertanggungjawaban
dari
setiap Branch Manager
ü Memberikan ide, saran maupun
nasehat
kepada
Branch
Manager
ü
Mempertanggungjawabkan hasil
kinerja perusahaan kepala
Komisaris.
ü
Membina hubungan
baik dengan seluruh
stakeholder korporasi.
Branch Manager
ü Mengawasi kinerja dan
menerima
laporan
pertanggungjawaban
dari
seluruh divisi perusahaan.
ü Merumuskan dan mengkomunikasikan pengembangan usaha dan strategi bisnis jangka panjang perusahaan.
ü Memberikan masukan ide, saran dan nasehat bagi para supervisor dalam mencapai kinerja
paling optimal.
ü Melakukan evaluasi kinerja masing-masing departement dalam
perusahaan.
ü Mempertanggungjawabkan hasil kerja
setiap departmen kepada Director.
Finance & Accounting Supervisor
ü Merumusakan kebijakan dan strategikeuangan perusahaan untuk
mencapai tujuan strategi bisnis
perusahaan.
ü Menerima dan mengevaluasi laporan
keuangan dan kinerja keuangan perusahaan.
ü Merumuskan dan mengkomunikasian
kebijakan dan standar administrasi
perusahaan.
ü Memastikan standar mutu administrasi mengikuti standar ISO2001:2000
perusahaan.
ü Memastikan
ketaatan
dan
kepatuhan
perusahaan
dengan
hukum
dan
undang-undang yang berlaku.
ü Mempertanggungjawabkan kinerja departemen kepada
Branch Manager
• Electronic Data Processing Supervisor
o
Merumuskan strategi, kebijakan, standar
dan
prosedur
pemanfaatan teknologi informasi korporasi.
o
Mengelola, melayani dan menyediakan kebutuhan informasi korporasi
untuk mendukung fungsi dan tugas
masing-masing divisi dan perusahaan.
o
Mengembangkan dan memelihara teknologi informasi korporasi dan perusahaan sesuai
dengan kebutuhan dan sumber daya korporasi.
o
Mempertanggungjawabkan hasil
kinerja divisi kepada
Branch Manager.
Logistic & Distribution Supervisor
ü Merumuskan kebijakan dan strategi persediaan perusahaan untuk mencapai tujuan
strategi bisnis perusahaan.
ü Memelihara,
mengelola dan mengembangkan fasilitas penyimpanan perusahaan.
ü Melakukan kerjasama, koordinasi, pengawasan dan membina hubungan
baik dengan seluruh pemasok perusahaan.
ü Melakukan perencanaan,
pengelolaan, pengendalian evaluasi terhadap persediaan, standar
mutu dan logistik perusahaan.
ü Mempertanggungjawabkan kinerja departemen kepada
Branch Manager
Sales Supervisor
ü Merumuskan strategi pemasaran produk-produk jasa perusahaan untuk mencapai tujuan
strategi bisnis perusahaan.
ü Mengembangkan usaha
dan produk jasa dalam bidang
jasa kecantikan melalui
kerjasama dengan
pihak lain.
ü Meningkatkan citra korporasi dan merek dagang
ü
ü Menentukan kebijakan-kebijakan dan mengawasi
kinerja
waralaba perusahaan.
ü Meningkatkan potensi
penjualan produk-produk perusahaan dan pengembangan pasar baru. Melakukan
survey pasar untuk mengali keburuhan, keinginan, dan harapan
konsumen.
ü Melakukan kerjasama
dan
membina
hubungan
baik
dengan
channel member perusahaan.
ü Mempertanggungjawabkan kinerja departemen kepada
Branch Manager.
ü
Human Resource & General Affair Supervisor
ü
ü Merumuskan
kebijakan-kebijakan
umum personalia korporasi sesuai
dengan undang-undang dan peraturan pemerintah.
Melakukan seleksi
dan perekrutan sumber daya manusia korporasi.
Menyusun program evaluasi
kinerja,
reward
and
punishment
umum korporasi untuk kesejahteraan karyawan.
Mempertanggungjawabkan hasil kerja
divisi kepada Branch Manager.
Wau sangat memukau
BalasHapus